Sabtu 17 Feb 2024 00:05 WIB

6 Larangan Bagi Pemimpin Berdasarkan Sirah Nabi Muhammad

Prinsip dasar seorang pemimpin adalah menjaga hak-hak rakyat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Pemimpin. (ilustrasi)
Foto:

4. Menggelapkan Uang Rakyat

Seorang pemimpin tentu dilarang menggelapkan uang rakyat alias korupsi. Pemimpin yang rusak, misalnya korupsi, maka sama saja dengan orang munafik yang menggunakan seni dan tipu muslihat untuk mendapatkan apa yang diinginkannya tanpa hak yang jauh dari jalan yang sah.

Dalam melakukan pekerjaan, orang munafik mengangkat derajatnya melalui kebohongan, sanjungan, dan kemunafikan. Dalam politik dan pemerintahan, orang munafik mencapai apa yang diinginkannya melalui jalan yang tidak benar atau curang.

Pada masa Nabi Muhammad SAW, orang-orang munafik berusaha mendapatkan uang zakat dengan cara yang tidak pantas bagi mereka. Allah Ta’ala berfirman:

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّلْمِزُكَ فِى الصَّدَقٰتِۚ فَاِنْ اُعْطُوْا مِنْهَا رَضُوْا وَاِنْ لَّمْ يُعْطَوْا مِنْهَآ اِذَا هُمْ يَسْخَطُوْنَ

"Dan di antara mereka ada yang mencelamu tentang (pembagian) sedekah (zakat); jika mereka diberi bagian, mereka bersenang hati, dan jika mereka tidak diberi bagian, tiba-tiba mereka marah." (QS At Taubah ayat 58).

Orang-orang munafik menuntut adanya reformasi di muka bumi, padahal mereka adalah para koruptor yang mengobarkan korupsi dan ketidakadilan di muka bumi, serta berupaya menghancurkan segala kebaikan dan segala kebaikan yang ada di muka bumi.

Allah SWT berfirman:

وَاِذَا قِيْلَ لَهُمْ لَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِۙ قَالُوْٓا اِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُوْنَ اَلَآ اِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُوْنَ وَلٰكِنْ لَّا يَشْعُرُوْنَ

"Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Janganlah berbuat kerusakan di bumi!” Mereka menjawab, “Sesungguhnya kami justru orang-orang yang melakukan perbaikan.” Ingatlah, sesungguhnya merekalah yang berbuat kerusakan, tetapi mereka tidak menyadari." (QS Al Baqarah ayat 11-12)

Selanjutnya...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement