Senin 03 Apr 2023 07:49 WIB

Toledo: Saksi Sejarah Kejayaan Umayyah

Toledo diambil alih oleh bangsa Moor dibawah dinasti Umayyah pada 711 Masehi.

Red: Ani Nursalikah
Muslim Toledo. Toledo: Saksi Sejarah Kejayaan Umayyah
Foto:

Kami kemudian mulai menikmati kota Toledo dengan arsitektur bangunannya yang indah. Tembok-tembok bangunan didominasi dari bata tanah liat dan batu alam, yang konon menjadi andalan arsitektur Islam seperti pembangunan Piramid di Mesir.

Jalanan dan gang di Toledo dikeraskan dengan menggunakan bahan batu alam, menyusurinya melewati pintu-pintu lengkung penghubung antar jalan, seperti memasuki labirin masa lalu dinasti Umayyah. Tak terkecuali balkon bertutup rapat, yang dulu diperuntukkan melindungi wanita muslim agar bisa melihat keluar, namun tidak bisa dilihat dari luar.

Mereka menambah kecantikan kota Toledo. Menyusuri kota Toledo banyak kami temui toko-toko souvenir cantik berbahan baku kulit dan logam, seperti pedang, pisau, teko dan lainya, yang merupakah warisan Umayyah dan menjadikan Toledo menjadi pusat kerajinan logam Spanyol. Ada yang menarik, di sini saya menemukan toko souvenir dengan nama Medina, dengan warna hijau yang merupakan warna identitas umat muslim.

Selesai menikmati kota, kami kembali menyusuri jalanan menuju Catedral Primada de Toledo, bangunan yang sangat besar dan megah ini juga bisa disebut Toledo Cathedral. Sebuah bangunan gereja katolik Romawi yang dibangun sekitar abad 13.

Berjalan sekitar dua puluh meter dari Cathedral terdapat sebuah paroki bertembok batu bata dengan menara khas menara masjid. Sebuah pemandangan yang membuat pikiran saya melayang mengumpulkan memori-memori tentang bangunan di Timur Tengah seperti di Madinah atau Mekkah. Di depan gereja terdapat sebuah plaza yang digunakan untuk Christmas market atau pasar Natal karena saat ini Spanyol masih musim libur Natal dan tahun baru.

 

Mengakhiri perjalanan di Toledo, kami menyempatkan berkunjung ke Unversidad Castilla La Mancha. Tidak lupa kami mengambil foto sisi banguanan universitas yang sangat identik dengan arsitektur islam. Kesan yang terus terpatri ketika meninggalkan Toledo adalah sebuah wilayah indah yang di kelilingi sungai Tajo, atau sungai Tagus, menjadi saksi kejayaan islam di Andalusia, melahirkan sebuah sejarah yang selalu dikenang umat manusia dan memberikan pelajaran bagi generasi setelahnya.

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/01/16/toledo-saksi-sejarah-kejayaan-umayyah/
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement