Senin 22 Apr 2024 09:08 WIB

Dari Wallah Hingga Insya Allah, Ungkapan Islami Kini Jadi Budaya Populer di Barat

Khabib Nurmagomedov kerap menggunakan ungkapan islami dalalm wawancara.

Red: Ani Nursalikah
Disjoki dan produser DJ Khaled mendapat bintang Hollywood Walk of Fame, Senin (11/4/2022).
Foto:

• Insya Allah

Presiden AS Joe Biden menjadi berita utama karena penggunaan ungkapan insya Allah dalam debat dengan Donald Trump menjelang pemilihan presiden AS 2020. Ungkapan tersebut sarat dengan konotasi yang beragam di dunia Islam, tergantung konteks penggunaannya.

Ungkapan insya Allah berarti "jika Tuhan menghendaki" dan digunakan oleh umat Islam setiap kali mereka mengungkapkan harapan mereka untuk masa depan. Ini berfungsi sebagai pengingat kendali Tuhan atas masa depan, serta ketidakmampuan manusia untuk mengubah apa yang ditakdirkan.

Dalam konteks lain, rapper Kanada Drake menggunakan insya Allah dalam lagunya di 2018 "Diplomatic Immunity". Pada 2017, aktor Lindsay Lohan memposting foto dirinya di Instagram dengan judul "insya Allah" dan tanpa konteks lebih lanjut, membuat para penggemarnya bingung. Setahun kemudian, dia menggunakannya lagi di pos berkabung mendiang Raja Arab Saudi Abdullah, yang meninggal pada 2015.

Lagu T5 oleh Swet Shop Boys (duo rap Himanshu Kumar Suri dan Rizwan Ahmed) juga dibuka dengan "Insya Allah".

• Wallah/walahi

Ungkapan wallah atau wallahi paling sering terdengar dalam percakapan panas sebagai pernyataan kejujuran dan seruan akan kebenaran sesuatu yang tampaknya mustahil. Sebuah istilah yang umum digunakan di kalangan pemuda London, terlepas dari latar belakang etnis mereka, wallah secara harfiah berarti "demi Allah".

Sekali lagi, penyanyi Drake mengungkapkan kata ini dalam sebuah liriknya, "ini adalah berkah, mashallah, wallahi, aku bersumpah kisah hidupku lebih baik daripada cerita yang mereka ceritakan tentang aku", dalam remix "Sweeterman"-nya.

Selanjutnya...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement