Jumat 23 Jun 2023 05:05 WIB

Panji Gumilang Berencana Jadikan Wanita Khatib Sholat Jumat, MUI Keluarkan Fatwa Ini

MUI mengimbau umat Islam untuk berpegang teguh pada ajaran agama yang lurus.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi jamaah shoolat Jumat.
Foto:

Selain itu, hadits nabi tentang kewajiban sholat Jumat atas wanita yang diriwayatkan melalui jalur Thariq bin Syihab, dan hadits tentang peringatan nabi SAW agar berhati-hati dalam memilih atau mengangkat wanita sebagai pemimpin yang diriwayatkan melalui jalur Abu Bakar.

Lalu, hadits tentang kewajiban berittiba' kepada nabi SAW dalam beribadah yang diriwayatkan melalui jalur Abu Hurairah dan hadits tentang bolehnya wanita ikut sholat berjamaah di masjid tetapi harus dengan adab dan tidak menimbulkan fitnah yang diriwayatkan melalui jalur Abu Hurairah dan yang diriwayatkan dari jalur Sahl bin Sa'ad serta yang diriwayatkan dari jalur Ummu Salamah. Kemudian, hadits tentang cara menegur imam yang keliru saat sholat yang diriwayatkan melalui jalur Abu Hurairah.

Fatwa tentang hukum wanita menjadi khatib dalam rangkaian sholat Jumat juga bersandarkan pada kaidah fikih yang berbunyi 'Hukum asal dalam beribadah adalah haram dan batal kecuali ada dalil yang memerintahkan'.

Fatwa tersebut juga memaparkan pendapat sejumlah ulama. Dijelaskan bahwa ulama sepakat laki-laki sebagai syarat sah menjadi khatib sholat Jumat di antaranya adalah pendapat Ibnu Abidin dalam kitab Radd Al Muhtar, pendapat Al Shawy Al maliky dalam kitab hasyiyatu Al Shawy ala Al Syarh Al shagir, pendapat Ahmad Al Salamat Al Qulyubi dan Ahmad Al Barlisy Umairah dalam kitab Hasyiyatu Qulyubi wa Umairah, dan pendapat Al Bahuty Al Hambali dalam kitab Syarh Muntaha Al Iradat.

Dijelaskan juga pendapat ulama bahwa wanita tidak sah melakukan adzan di antaranya pendapat Al Kasany dalam kitab Badai'u Al Shanai' fi Tartib Al Syara'i, pendapat as Syafi'i dalam kitab Al Umm, pendapat Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali at Thusi dalam Al wasith fi Al Mazhab.

MUI juga bersandarkan pada ijma ulama yang mengatakan...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement