Rabu 13 Jul 2022 00:45 WIB

Seorang Muslim Menjadi Vegetarian, Bagaimana Pandangan Islam?

Nabi Muhammad SAW sendiri memakan daging.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Seorang Muslim Menjadi Vegetarian, Bagaimana Pandangan Islam?
Foto:

Bagaimana menurut sains? 

Peneliti modern juga mulai menyukai daging sebagai bagian penting dari diet. Selama bertahun-tahun, itu tidak populer dalam industri kesehatan karena lemak dan potensi hasil penyakit jantung dan obesitas.

Struktur daging juga membutuhkan waktu pencernaan yang lebih lama, menyebabkan konstipasi dan meningkatkan toksisitas tubuh.

Namun, para ahli tahu bahwa daging adalah satu-satunya sumber yang mengandung vitamin dan mineral tertentu dalam jumlah yang cukup. Itulah mengapa sebagian besar vegetarian menjadi kekurangan nutrisi ini dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, sebuah artikel di majalah Pencegahan bertanya; "Apakah perubahan terbaru ini kembali ke daging merah berarti kita langsung menuju bencana kesehatan yang akan segera terjadi?,"

Jawaban mereka adalah, “Tidak sama sekali. Dalam jumlah sedang, daging tanpa lemak dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, dari mencegah kekurangan vitamin dan mineral dan meningkatkan kekebalan untuk membangun darah yang lebih kuat.”

Padahal, daging memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Susan Kleiner, pemilik Nutrisi Berkinerja Tinggi di Pulau Mercer, Washington mengatakan; “Orang-orang membaca laporan bahwa daging merah menyebabkan kanker dan penyakit jantung sehingga mereka berpikir mereka harus berhenti makan daging. Apa yang tidak mereka sadari adalah bahwa orang-orang dalam penelitian ini makan lebih dari sepuluh ons sehari. Makan tiga sampai lima ons sehari cukup menyehatkan.”

Salah satu nutrisi terpenting yang ditemukan berlimpah dalam daging adalah zat besi. Mineral dalam daging meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen. Tanpa zat besi yang cukup, sel darah merah kita menjadi lebih kecil dan kita mulai merasa lelah.

Wanita dan atlet bahkan lebih berisiko mengalami anemia karena kekurangan zat besi karena tubuh mereka menggunakan lebih banyak zat besi karena menstruasi dan olahraga.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement