Senin 13 May 2024 11:28 WIB

Lima Cara Menambah Nikmat Allah

Nikmat Allah merupakan kesyukuran yang luar biasa.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Berdoa sebagai tanda menyukuri nikmat Allah
Foto: AP Photo/Eranga Jayawardena
Ilustrasi Berdoa sebagai tanda menyukuri nikmat Allah

ISLAMDIGEST.CO.ID, JAKARTA -- Setiap umat Muslim bisa dengan mudah menambah nikmat dalam setiap hidupnya dengan beberapa cara. 

Pertama, bersyukur kepada Allah

Ketika bersyukur, manusia mengakui kebaikan dan karunia-Nya dalam hidup kita. Hal ini tidak hanya menciptakan rasa terima kasih yang mendalam, tetapi juga membuka pintu untuk menerima lebih banyak berkah dari Allah.

Baca Juga

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْ وَاشْكُرُوْا لِلّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ

Wahai orang-orang yang beriman, makanlah apa-apa yang baik yang Kami anugerahkan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu benar-benar hanya menyembah kepada-Nya. (QS. Al-Baqarah: 172). 

Kedua, berdoa kepada Allah

Doa merupakan ungkapan rasa syukur, permohonan, dan introspeksi diri. Melalui doa, manusia menyadari keterbatasannya dan bergantung sepenuhnya pada Allah.

Allah berfirman dalam Surat Al-Ghafir ayat 60, bahwa setiap umat Muslim harus selalu berdoa kepada Allah agar bisa dimudahkan dalam segala urusannya. 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖ

Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina. (QS. Al-Ghafir: 60). 

Ketiga, selalu berdzikir

Allah berfirman dalam Surah An-Nahl ayat 18, yang berbunyi:

وَاِنۡ تَعُدُّوۡا نِعۡمَةَ اللّٰهِ لَا تُحۡصُوۡهَاؕ اِنَّ اللّٰهَ لَـغَفُوۡرٌ رَّحِيۡم

Jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. An-Nahl: 18). 

Berdzikir membantu melatih pikiran dan hati agar tetap fokus pada kehadiran Allah dalam setiap aspek kehidupan, sehingga membantu seseorang untuk menghadapi tantangan dan ujian dengan ketenangan dan kekuatan. 

Selain itu, berdzikir juga membawa kebahagiaan dan kedamaian dalam hati, karena mengarahkan perhatian kita pada yang Maha Kuasa yang memiliki kekuatan untuk mengatasi segala hal.

 

Keempat...Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement