Kamis 09 May 2024 15:40 WIB

Keistimewaan Bulan Dzulhijah dan 10 Peristiwa Penting di Dalamnya

Dzulhijah merupakan momentum meningkatkan takwa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kurban sebagai ibadah spesial Dzulhijah.
Foto: Sinergi Foundation
Ilustrasi kurban sebagai ibadah spesial Dzulhijah.

ISLAMDIGEST.CO.ID,  JAKARTA -- Dzulhijah adalah bulan yang agung dan suci. Para sahabat dan tabiin sangat memperhatikan ibadah mereka di bulan ini, terutama sepuluh hari pertama. Sebab, ia merupakan hari-hari al-Ma'lumat (yang telah ditentukan) dan telah disebutkan di dalam Alquran, yaitu hari-hari mulia yang di dalamnya berlimpahan karunia dan keberkahan. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala (SWT) berfirman: 

Baca Juga

وَالْفَجْرِۙ وَلَيَالٍ عَشْرٍۙ

"Demi waktu fajar, demi malam yang sepuluh." (QS Al-Fajr [89]:1-2)

Yang dimaksud adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah, yang merupakan hari-hari yang sangat dimuliakan beramal pada hari-hari tersebut, sebagaimana diinformasikan hadis berikut:

مَا مِنْ أَيَّامٍ اَلْعَمَلُ الصَّالِحُ أَحَبُّ اِلَى اللّٰهِ فِيْهِنَّ  ِمنْ هَذِهِ الأيَّامِ. (رواه البخاري عن ابن عباس)

"Tidak ada hari apa pun berbuat baik lebih dicintai Allah padanya daripada hari-hari ini. (HR Bukhari dari Ibnu ‘Abbās).

Namun, beberapa ulama tafsir berbeda pendapat tentang makna fajar dan malam yang sepuluh. Sebagian dari mereka ada yang berpendapat bahwa fajar yang dimaksud adalah fajar bulan Muharram dan sepuluh malamnya adalah sepuluh malam pertama bulan Muharram. 

Sebagian yang lain berpendapat bahwa fajar yang di maksud adalah fajar hari Arafah, sedangkan sepuluh maiamnya adalah sepuluh malam pertama bulan Dzulhijjah. Sebab, di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan kurban. 

Terakhir, pendapat yang menyatakan bahwa sepuluh hari yang dimaksud adalah sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Adapun pendapat yang palng kuat adalah sepuluh hari pertama Dzulhijah. Sebab, sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah adalah hari-hari terbaik, di dalamnya terdapat hari Arafah dan hari raya Kurban.

Keistimewaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah ini dijelaskan juga di dalam hadits riwayat Ibnu Abbas Ra. Ia mengatakan bahwa Rasululiah SAW bersabda, 

“Tidaklah ada hari-hari yang amal shalih di dalamnya lebih Allah cintai dari hari-hari ini (maksudnya sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah).”

Lalu apa saja peristiwa penting yang terjadi pada bulan Dzulhijjah? 

Dalam buku “Hikmah & Rahasia Puasa” karya Al-Ghazali dkk diungkpkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas. Dalam hadits itu, Rasulullah bersabda tentang 10 peristiwa penting yang terjadi pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Berikut daftarnya: 

 

Pertama...Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement