Kamis 09 May 2024 13:22 WIB

Ajaran Islam: Tamu Wajib Hormati Adab dan Norma Masyarakat Setempat

Rasulullah SAW sangat mencela perbuatan yang tidak sopan dalam bertamu.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Adab bertamu/Ilustrasi
Adab bertamu/Ilustrasi

ISLAMDIGEST.CO.ID, JAKARTA -- Agama Islam adalah agama yang sempurna dan cinta damai. Bahkan Islam tidak memaksa umat agama lain untuk memeluk dan meyakini Islam. Karena sebab itulah, agama Islam juga mengajarkan cara Muslim bertamu di suatu tempat yang misalnya di tempat tersebut Muslim menjadi minoritas.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Fahrur Rozi yang akrab disapa Gus Fahrur mengatakan, tentu saja Muslim sebagai tamu wajib menjunjung tinggi adab dan norma yang berlaku di masyarakat setempat.

Baca Juga

Alquran Surat An-Nur Ayat 27 memberi tuntunan agar minta izin sebelum bertamu, dilarang masuk rumah tanpa izin.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتًا غَيْرَ بُيُوْتِكُمْ حَتّٰى تَسْتَأْنِسُوْا وَتُسَلِّمُوْا عَلٰٓى اَهْلِهَاۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ 

Yā ayyuhal-lażīna āmanū lā tadkhulū buyūtan gaira buyūtikum ḥattā tasta'nisū wa tusallimū ‘alā ahlihā, żālikum khairul lakum la‘allakum tażakkarūn(a).

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Demikian itu lebih baik bagimu agar kamu mengambil pelajaran. (QS An-Nur Ayat 27)

Dalam sebuah hadits juga dijelaskan dari Kildah ibn al-Hambal Radhiallahu Anhu, ia berkata, "Aku mendatangi Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam lalu aku masuk ke rumahnya tanpa mengucap salam. Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Keluar dan ulangi lagi dengan mengucapkan 'Assalamu'alaikum', boleh aku masuk?" (HR Imam Abu Daud dan Imam Tirmidzi)

Diceritakan oleh Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, "Kami di masa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam mengetuk pintu dengan kuku-kuku." (HR Imam Bukhari dalam Adabul Mufrod bab Mengetuk Pintu)

Gus Fahrur menjelaskan, ada juga hadis yang melarang mengintip dan melihat isi rumah secara penasaran. "Ini termasuk melanggar kesopanan," ujar Gus Fahrur kepada Republika, Kamis (9/5/2024)

Rasulullah SAW sangat mencela perbuatan yang tidak sopan dalam bertamu. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Andaikan ada orang melihatmu di rumah tanpa izin, engkau melemparnya dengan batu kecil lalu kamu cungkil matanya, maka tidak ada dosa bagimu." (HR Imam Bukhari Kitabul Isti'dzan)

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement