Sabtu 04 May 2024 19:22 WIB

Kisah tentang Keistimewaan Luar Biasa Infak, Salah Satunya Pahala 700 Kali Lipat

Alquran menyerukan agar umat Islam memperbanyak berinfak.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Berinfak melalui kotak amal di masjid. ilustrasi
Foto:

Ahli hadits, As-Samarqandi dalam bukunya 200 Motivasi Nabi & Kisah Inspiratif Pembangun Jiwa mengungkapkan tentang pahala infak yang luar biasa. Kharim bin Fatik berkata, "Rasulullah bersabda, 'Barangsiapa berinfaq di jalan Allah, maka Allah catat untuknya (pahala) 700 kali lipat.'" (HR. At-Tirmidzi, an-Nasa'i dan Ahmad).

As-Samarqandi juga mengutip sebuah kisah tentang keistimewaan infak. Diceritakan, Al-Junaid berkata, "Suatu hari aku mengikuti sebuah peperangan. Dalam pada itu, panglima pasukan mengirimkan sumbangan (infak) kepadaku. Selanjutnya, aku membagi-bagikannya.

Beberapa hari kemudian, aku sholat zhuhur. Aku duduk termenung, menyesali tindakanku menerima sumbangan itu dan membagi-bagikannya. Tiba-tiba aku tertidur. Aku bermimpi melihat istana-istana yang indah dan mewah, berderet memanjang. Aku mencari tahu perihal istana-istana itu.

Ada yang mengatakan, 'Ini milik seseorang yang hartanya engkau bagi-bagikan di medan perang.' Ku katakan, 'lantas apa yang aku dapatkan bersama mereka?' Dikatakan, 'Istana itu' sambil menunjuk yang paling besar dan paling bagus. Aku katakan, 'Aku dilebihkan dari mereka?' Ia berkata, 'Engkau telah melindungi orang-orang yang mengeluarkan harta itu.

Mereka mengharapkan pahala. Maka, inilah balasan untuk mereka. Sementara itu, engkau membagi-bagikan harta itu karena takut dan malu, lalu engkau merenungkannya sampai tertidur, maka Allah melipatgandakan balasan untukmu.'"

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement