Sabtu 04 May 2024 08:46 WIB

Jangan Pernah Abai Sholat 5 Waktu, Ini 3 Siksa yang Menanti Mereka yang Melalaikannya

Perintah sholat ditegaskan dalam Alquran dan hadits.

Rep: Mabruroh / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sholat berjamaah. Perintah sholat ditegaskan dalam Alquran dan Hadits
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi sholat berjamaah. Perintah sholat ditegaskan dalam Alquran dan Hadits

ISLAMDIGEST.CO.ID, JAKARTA — Sholat merupakan rukun Islam nomor dua yang harus dikerjakan oleh umat Islam. Shalat juga termasuk amalan pertama kali akan ditanyakan ketika di hari kiamat nanti. Karenanya sholat merupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan oleh umat Islam.

Lalu bagaimana jika seorang Muslim meninggalkan kewajibannya ini? Rizem Aizid dalam bukunya “Para Musuh Allah” menyebutkan, Allah SWT menjanjikan balasan berupa sesuatu yang sangat buruk serta mengerikan bagi orang yang malas, apalagi sampai meninggalkan sholat dengan sengaja. Ada tiga balasan yang Allah SWT janjikan kepada mereka yang meninggalkan sholat.

Baca Juga

Pertama, mati dalam keadaan suul khatimah, yakni kematian yang paling buruk. Seseorang disebut suul khatimah apabila mati dalam keadaan murtad kepada Allah SWT, kafir, berdosa besar, durhaka, berada dalam kemurkaan-Nya, dan menyepelekan perkara yang telah Dia perintahkan (seperti perintah shalat), dan lain-lain. Sungguh, tidak ada kematian yang lebih buruk daripada mati dalam keadaan su'ul khatimah. 

Kedua, mendapatkan azab kubur. Allah SWT menjanjikan azab kubur bagi orang yang lalai menunaikan kewajiban shalatnya. Menurut Syekh M Ahmad Ismail, orang yang meninggalkan sholat berarti melakukan perbuatan orang-orang fujar (dosa), dan tempatnya adalah neraka. 

Jika ia tidak bertaubat nasuha atas perbuatan dosanya, ia akan mati dalam keadaan suul khatimah, kemudian amal buruknya itu akan menemaninya sampai ke liang kubur. Rasulullah SAW bersabda: 

ويأتيه رَجُلٌ قَبيحُ الوَجهِ مُنتِنُ الرِّيحِ، فيَقولُ: أبشِرْ بالذي يَسوؤُكَ، هذا يَومُكَ الذي كُنتَ تُوعَدُ. قال: فيَقولُ: مَن أنتَ فوَجهُكَ الوَجهُ الذي يَجيءُ بالشَّرِّ؟ فيَقولُ: أنا عَمَلُكَ الخَبيثُ

"Akan datang kepadanya seorang yang buruk wajahnya, buruk pakaiannya, busuk baunya, lalu ia bertanya kepadamu, 'Beritakan kepadaku apa yang menjadikanmu buruk, ini adalah hari yang dijanjikan kepadamu. Ia menjawab, 'Dan kamu, Allah telah memberikan berita gembira dengan keburukanmu, siapa kamu? Wajahmu datang dengan begitu buruk?' Ia menjawab, 'Aku adalah amalmu yang kotor." (HR Ahmad). Allah SWT berfirman: 

وَمَنْ اَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِيْ فَاِنَّ لَهٗ مَعِيْشَةً ضَنْكًا وَّنَحْشُرُهٗ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ اَعْمٰى

"Dan, barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit.” (QS Thaahaa ayat 124).

Saat melakukan Isra Miraj, Rasulullah SAW pernah diperlihatkan azab kubur yang menimpa orang-orang yang meninggalkan sholat. Dalam perjalanannya, Rasulullah SAW tiba di suatu tempat yang banyak manusia dipukuli kepalanya dengan batu besar sehingga berlumuran darah dan pecah. Namun anehnya, sesudah pecah, kepala mereka kembali utuh lagi sebagaimana semula. Lalu dipukuli lagi. Lalu pecah lagi. Begitu seterusnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement