Selasa 30 Apr 2024 18:11 WIB

Bagaimana Islam Memandang Musik?

Musik tak boleh mengandung unsur maksiat, haram, kejahatan, dan kufur.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi bermain musik.
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Ilustrasi bermain musik.

ISLAMDIGEST.CO.ID,  JAKARTA -- Sebetulnya bagaimana pandangan Islam terhadap perkara musik? Ulama sejak dulu memang telah menyampaikan pendapatnya tentang musik ini, tapi, ada keragaman pendapat di antara mereka mengenai musik.

Wakil Ketua Dewan Fatwa PB Al-Washliyah, Dr Nirwan Syafrin, menjelaskan, pandangan Islam tentang musik terbagi menjadi tiga hal. Tiga ini ialah nyanyian, alat musik, dan musik itu sendiri, yang merujuk pada perpaduan nyanyian dan alat musik.

Baca Juga

Pertama, soal nyanyian yang mengacu pada lantunan suara yang berirama. Nirwan menjelaskan, apabila nyanyian itu tidak mengandung sesuatu yang haram, kemaksiatan, kejahatan, kekufuran, dan kesyirikan, maka para ulama berbeda pendapat. Ada yang mutlak membolehkan, mengharamkan, dan memakruhkan.

"Untuk nyanyian seperti Tala' al-Badru 'Alayna, atau seperti nasyid yang isinya mengajak pada kebaikan, bahkan lantunan ayat suci Alquran, para ulama membolehkan," jelasnya.

Saat nyanyian tersebut bercampur dengan sesuatu yang haram, misalnya disertai dengan minuman keras (miras), atau dinyanyikan di tempat yang penuh kemaksiatan, maka para ulama sepakat mengharamkannya.

Nirwan menyebutkan, Rasulullah SAW pernah memuji sahabat bernama Abu Musa al-Asyari karena memiliki suara yang merdu. Nabi SAW juga pernah menyaksikan orang-orang badui merayakan hari besar dengan bernyanyi, dan beliau membiarkan Aisyah RA untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.

"Jadi banyak ulama yang membenarkan nyanyian itu, dengan syarat tidak mengandung unsur keharaman, kesyirikan, maksiat, kejahatan, kekufuran, dan kemunafikan," tutur dia.

Kedua yakni tentang musik. Nirwan memaparkan, memang ada ulama yang mengharamkannya secara mutlak. Pendapat ini mengharamkan musik secara mutlak dan bagi mereka mendengar musik sudah masuk kategori dosa besar sehingga apa saja jenis musiknya itu haram.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement