Rabu 24 Apr 2024 14:11 WIB

Mana Lebih Dulu, Puasa Syawal atau Bayar Utang Puasa Ramadhan?

Para ulama berbeda pendapat mengenai pelaksanaan puasa Syawal.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Hidangan berbuka puasa (Foto: ilustrasi)
Foto:

Menurut Majelis Tarjih Muhammadiyah, dikutip dari web resminya, tidak ada petunjuk yang secara eksplisit menyatakan puasa sunnah dapat dilaksanakan bersamaan dengan membayar utang puasa wajib. Tidak ditemukan petunjuk yang menyatakan puasa sunnah dan pembayaran utang puasa dapat dijalankan secara bersamaan.

Oleh karena itu, lebih baik menjalankan kewajiban membayar utang puasa terlebih dahulu sebelum melibatkan diri dalam puasa sunnah. Meskipun puasa Syawal memiliki keutamaan tersendiri, seperti pahala setara dengan puasa setahun penuh, namun kewajiban membayar utang puasa memiliki prioritas yang lebih tinggi.

Setelah membayar utang puasa yang tertunda, umat Islam dapat dengan tenang melibatkan diri dalam puasa sunnah, baik itu puasa enam hari di bulan Syawal, puasa Dawud, atau puasa Senin-Kamis.

Tata Cara Puasa Syawal

Mengenai tata cara puasa sunnah Syawal, Majelis Tarjih membolehkan dilakukan dengan dua metode yang berbeda. Pertama, puasa tersebut dapat dilaksanakan secara berurutan langsung selama enam hari berturut-turut setelah hari raya Idul Fitri.

Kedua, puasa Syawal juga dapat dilakukan secara acak antara tanggal 2 sampai dengan 30 Syawal. Dengan demikian, umat Islam diberikan fleksibilitas dalam melaksanakan ibadah puasa sunnah Syawal sesuai dengan keadaan dan kenyamanan mereka.

Melaksanakan puasa sunnah memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dapat menjadi perisai dari api neraka, sebagaimana dipahami dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri: “Barangsiapa berpuasa pada suatu hari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkannya dari api neraka selama 70 tahun.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan demikian, melalui ibadah puasa sunnah, umat Islam dapat memperoleh keberkahan dan perlindungan dari siksa api neraka serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement