Rabu 17 Apr 2024 15:39 WIB

Mengapa Sholat dan Zakat Hukumnya Wajib dalam Islam?

Meninggalkan sholat termasuk dosa besar.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sholat.
Foto:

Hikmah Kewajiban Sholat

1. Mewujudkan hubungan hamba dengan Tuhannya, kebahagiaan akhirat, dan masuk surga firdaus

Allah SWT berfirman:

وَالَّذِيْنَ هُمْ عَلٰى صَلَوٰتِهِمْ يُحَافِظُوْنَ ۘ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْوٰرِثُوْنَ ۙ الَّذِيْنَ يَرِثُوْنَ الْفِرْدَوْسَۗ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

"Serta orang yang memelihara salatnya. Mereka itulah orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi (surga) Firdaus. Mereka kekal di dalamnya. (QS. Al-Mu'minun ayat 9-11)

2. Mendapat cahaya sempurna di hari kiamat kelak

Allah SWT berfirman:

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ يَسْعٰى نُوْرُهُمْ بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ بُشْرٰىكُمُ الْيَوْمَ جَنّٰتٌ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ ذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُۚ

"Pada hari engkau akan melihat orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan, betapa cahaya mereka bersinar di depan dan di samping kanan mereka, (dikatakan kepada mereka), “Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Demikian itulah kemenangan yang agung." (QS. Al Hadid ayat 12)

3. Menghapus noda di hati akibat dosa dan maksiat

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ، وَالْجُمْعَةُ إلى الجُمْعَةِ، وَرَمَضَانُ إلى رَمَضَانَ، مُكَفِّرَاتٌ ما بيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الكَبَائِرَ.

"Menunaikan ibadah sholat lima waktu, sholat Jumat hingga Jumat berikutnya, dan puasa Ramadhan hingga Ramadhan selanjutnya, adalah penghapus dosa-dosa di antara keduanya selama tidak melakukan dosa besar." (HR. Muslim)

Sedangkan zakat juga merupakan...

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement