Rabu 27 Sep 2023 06:13 WIB

12 Langkah Terhindar dari Bahaya Sihir dan Kekuatan Jahat Lainnya

Sihir merupakan aktivitas jahat yang berkongsi dengan setan

Red: Nashih Nashrullah
Praktik sihir atau ilmu hitam (ilustrasi)  Sihir merupakan aktivitas jahat yang berkongsi dengan setan
Foto: www.freepik.com
Praktik sihir atau ilmu hitam (ilustrasi) Sihir merupakan aktivitas jahat yang berkongsi dengan setan

ISLAMDIGEST.CO.ID,  JAKARTA – Muslim dapat melakukan berbagai upaya dalam menangkal sihir. Atas izin Allah ﷻ sihir dapat ditangkal dengan berbagai kiat yang dijalankan.  

Melalui pesan Telegram yang diterima Republika.co.id, Rabu (27/9/2023), Ustadz Najmi Umar Bakkar mengatakan, sihir adalah mantra-mantra atau jampi-jampi, jimat-jimat atau buhul-buhul (yang ditiup) yang bisa memberikan pengaruh pada badan, hati serta akal manusia dengan izin Allah SWT. 

Baca Juga

Imam Ibnu al-Qayyim رحمه الله berkata, "Sesungguhnya sihir para penyihir akan bekerja secara sempurna bila mengenai hati yang lemah, jiwa-jiwa yang penuh dengan syahwat yang senantiasa bergantung kepada hal-hal rendahan. 

Oleh sebab itu, umumnya sihir banyak mengenai para wanita, dan anak-anak, orang-orang bodoh, orang-orang pedalaman, dan orang-orang yang lemah dalam berpegang teguh kepada agama, sikap tawakal, dan tauhid, serta orang-orang yang tidak memiliki bagian sama sekali dari dzikir-dzikir ilahi dan doa-doa, serta taawwudzaat Nabawiyyah" (Zaadul Ma’aad  IV/116, dengan Tahqiq dan takhrij Syu’aib al-Arnauth dan Abdul Qadir al-Arnauth).  

Ustadz Najmi membagikan di antara kiat-kiat agar terhindar dari sihir : 

1. Beriman dgn cara mentauhidkan Allah, serta "bertawakal" kepada-Nya

 إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ إِنَّمَا سُلْطَانُهُ عَلَى الَّذِينَ يَتَوَلَّوْنَهُ وَالَّذِينَ هُمْ بِهِ مُشْرِكُونَ 

"Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang telah beriman dan bertawakkal kepada Rabb-nya. Sesungguhnya kekuasaannya (setan) hanyalah atas orang-orang yg mengambilnya jadi pemimpin, dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah." (QS An-Nahl ayat 99-100) 

2. Berpegang kepada Alquran dan sunnah dengan Pemahaman generasi salaf.

 وَمَنْ يَعْشُ عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمَٰنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ "Barangsiapa berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Mahapemurah (Alquran dan as-Sunnah), maka Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan), maka setan itulah yang menjadi Teman yang selalu menyertainya." QS Az-Zukhruf ayat 36) 

Baca juga: 5 Dalil yang Menjadi Landasan Pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW

3. Banyak membaca Alquran di rumah, terutama membaca surat al-Baqarah. 

عن أبي هريرة رضي الله عنه : أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: لا تجعلوا بيوتكم مَقَابر، إنَّ الشيطان يَنْفِرُ من البيت الذي تُقْرَأُ فيه سورةُ البقرة

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian layaknya kuburan. Sungguh syetan itu lari dari rumah yang telah dibacakan di dalamnya surat al-Baqarah." (HR Muslim no  780, hadits dari Abu Hurairah) 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement