Selasa 12 Sep 2023 09:59 WIB

Lima Kitab Maulid Nabi Muhammad yang Populer di Indonesia (2)

Ada sejumlah kitab yang dibaca saat majelis Maulid Nabi Muhammad.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Perayaan Maulid Nabi Muhammad (ilustrasi).
Foto:

Nabi Muhammad adalah hamba yang Allah utus kepada penghuni seluruh alam untuk menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Maka rasul menyampaikan risalah dan menunaikan amanah dari Allah. Dan Allah menunjuk atau menjadikan umat nabi Muhammad SAW sebagai umat yang paling banyak. Habib Ali Al Habsyi mengibaratkan rasul sebagai pelita dan purnama yang terang bagi orang-orang yang mencari petunjuk dan yang berada dalam gelapnya kebodohan.

Disebutkan juga bahwa silsilah Rasulullah adalah orang-orang mulia yang Allah berikan kesempurnaan nikmat. Habib Ali menuliskan bahwa nur Muhammad adalah awal makhluk yang tampak di alam atau yang paling awal diciptakan. Nur Muhammad berpindah-pindah dari punggung nabi Adam, nabi Nuh, nabi Ibrahim dan seterusnya hingga kepada Abdullah Ibnu Abdul Muthalib dan Aminah. Semua alam menyambut bahagia menjelang kelahiran nabi Muhammad bahkan Habib Ali Al Habsyi menuliskan bahwa hewan-hewan miliknya orang-orang Quraisy juga dengan jelas mengucapkan kegembiraan. Di tahun kelahiran nabi, setiap ibu yang mengandung melahirkan anak laki-laki, semua itu karena berkah dan kebahagiaan jelang kelahiran nabi. 

Sementara itu dituliskan ketika mendekati kelahiran Rasulullah tiap-tiap langit dan bumi dan segala penghuninya menyampaikan penghormatan. Kala itu Allah menurunkan kemurahan kepada penghuni bumi begitu derasnya. Sementara para malaikat mengabarkan kabar bahagia kepada seluruh penghuni alam akan kelahiran nabi. Dituliskan juga ketika Sayyidah Aminah akan melahirkan nabi Muhammad, maka Allah menghadirkan Sayyidah Maryam dan Sayidah Asiyah dan bersama mereka bidadari. Sementra pada bagian mahalul qiyam diterangkan tentang kondisi alam semesta yang bersinar terang menyambut hadirnya nabi pilihan yaitu nabi Muhammad SAW. Penduduk alam semesta mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan karena kelahiran nabi Muhammad SAW.

Syair yang digunakan dalam kitab Maulid Simthud Duror termasuk kategori syair mursal sebab adanya keterikatan satuan irama dan berakhiran bait yang sama. Ini yang membuat setiap bait syair Simthud Duror nikmat ketika dibaca dan didengar. Selain itu pada Simthud Duror Habib Ali Al Habsyi menuliskan gagasan di awal seperti pada syair Asyroqo al kaunu ibtihajan biwujudi al mustofa Ahmad yang langsung memberi gagasan utama bahwa alam semesta menyambut kelahiran nabi Muhammad. 

Pesan utama lainnya yang disampaikan pada kitab Simthud Duror adalah bahwa nur nabi Muhammad SAW adalah yang paling awal diciptakan Allah SWT sebelum segala sesuatu diciptakan. Dan alam semesta tercipta sejatinya karena adanya nur nabi Muhammad. Selain itu pada isi utama Simtudduror adalah ajakan agar manusia menyambut kelahiran nabi Muhammad dengan bahagia. Selain itu Simthud Duror juga memuat doa dengan berkah kemuliaan nabi Muhammad SAW agar segenap orang yang membacanya mendapat petunjuk dan kebahagiaan.

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement