Kamis 28 Jul 2022 03:50 WIB

Apa Makna dan Pelajaran dari Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad?

Hijrah memerlukan pengorbanan besar bagi orang-orang beriman.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Padang Pasir. Apa Makna dan Pelajaran dari Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad?
Foto:

2. Pemberdayaan perempuan

Salah satu pelajaran hijrah yang paling tidak banyak diketahui adalah partisipasi perempuan. Perempuan dalam sejarah awal Islam bukanlah saksi yang pasif. 

Sebaliknya, mereka adalah peserta aktif bahkan juga memiliki andil besar. Dan tanpa peran ganda wanita ini, kita tidak akan memiliki pengetahuan tentang fase sejarah Islam ini karena sebagian besar laporan ini berasal dari 'Aisyah dan Ummu Salamah.

3. Ukhuwah Islamiyah

Setibanya di Madinah, Nabi ditantang untuk menyelesaikan masalah muhajirin yang datang ke Madinah dengan tangan kosong. Kemudian Nabi bisa mempersatukan muhajirin dan ansor sehingga terjalin persaudaraan. Dia melakukannya untuk memastikan bahwa para muhajirin diperlakukan seperti saudara sedarah sampai mereka mampu berdiri di atas kaki mereka sendiri.

4. Pembangunan institusi

Nabi SAW meletakkan dasar bagi lembaga-lembaga Islam dimulai dengan masjid. Ini kemudian menjadi model untuk kota-kota Islam masa depan di mana masjid berada di pusatnya dan permukiman serta pelayanan diorganisir di sekitar masjid. Masjid bukan hanya tempat ibadah; melainkan menjadi pusat pendidikan, dan pusat kegiatan;  sosial dan budaya dan lainnya.

5. Membangun masyarakat dengan sistem aturan dan prinsip keberagaman

Segera setelah Nabi menetap di Madinah, Rasulullah menulis sebuah konstitusi, yang sering disebut sebagai konstitusi tertulis pertama di dunia, yang meletakkan dasar bagi masyarakat pluralistik. Konstitusi memiliki ketentuan yang menyatakan bahwa semua warga negara baru akan menikmati hak dan kewajiban sebagai warga negara yang sama. Ini adalah model yang harus diikuti umat Islam untuk hidup sebagai warga masyarakat yang pluralistik.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement