Jumat 08 Jul 2022 16:45 WIB

Sisi Lain Maksiat dan 13 Hikmahnya Menurut Ibnu Qayyim  

Maksiat mempunyai sejumlah hikmah jika direnungkan dengan baik

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi tobat dari maksiat. Maksiat mempunyai sejumlah hikmah jika direnungkan dengan baik
Foto:

Oleh : Ustadz Yendri Junaidi Lc MA, dosen STIT Diniyyah Puteri Padang Panjang, alumni Al-Azhar Mesir

Kesembilan, Allah SWT ingin memunculkan dari dirinya sifat penghambaan yang hakiki dengan adanya al-khauf dan al-khasyah (rasa takut) serta dampak dari rasa takut itu tangisan dan penyesalan. 

Kesepuluh, maksiat membuat seorang hamba lebih waspada terhadap jerat dan perangkap setan dan hawa nafsu, karena dia pernah mengalaminya, sehingga dia akan lebih berhati-hati, ibarat seorang dokter yang pernah merasakan sakit lalu minum obat dan merasakan manjurnya obat itu. 

Kesebelas, maksiat membuat seseorang lebih toleran, kasihan dan berempati terhadap pelaku maksiat yang lain, karena dia sendiri pernah terjerumus ke dalam lobang itu. Dia tidak akan merasa lebih suci atau aman dari berbagai jerat setan dan hawa nafsu. Hanya mereka yang merasa suci saja yang merendahkan pelaku maksiat. 

Keduabelas, tak jarang kenikmatan yang dirasakan setelah bertaubat lalu kembali pada ‘afiyah ketaatan jauh lebih sempurna dan menenangkan. 

Ketigabelas, maksiat sebagai ujian bagi seorang hamba, apakah dia layak untuk menjadi wali Allah SWT atau tidak. Ketika seseorang bermaksiat, dia akan merasakan kegersangan dan kesendirian (wahsyah). 

Kalau setelah itu dia bermunajat dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT untuk dikembalikan lagi pada kondisi halawah (kemanisan) taat dan mu’amalah, dan ia iringi dengan mujahadah sekuat tenaga, berarti ia layak menjadi kekasih (wali) Allah SWT. 

Tapi jika dia tidak merasa ada yang hilang, atau tidak merasa rindu untuk kembali pada kondisi al-washl yang pernah dia rasakan, berarti dia tidak layak menjadi kekasih-Nya. (Lihat kitab Thariq al-Hijratain wa Bab as-Sa’adatain).

 

اللهم صلنا إليك وافتح علينا فتوح العارفين بك يا أرحم الراحمين     

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement