Kamis 02 May 2024 18:31 WIB

Dua Tipe Pendosa yang Belum Pernah Dilihat Nabi Muhammad SAW

Dua macam penghuni neraka ini belum ada di zaman Nabi Muhammad SAW.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi laknat dan siksa neraka
Foto: Dok Republika
Ilustrasi laknat dan siksa neraka

ISLAMDIGEST.CO.ID, JAKARTA -- Ternyata ada dua tipe pendosa yang belum pernah dilihat Nabi Muhammad SAW semasa hidup beliau. Ini tersebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA.

Dalam hadits tersebut, Nabi SAW bersabda:

Baca Juga

«صِنْفَان من أهل النار لم أَرَهُما: قوم معهم سِيَاط كَأذْنَابِ البَقر يضربون بها الناس، ونساء كاسِيَات عاريات مُمِيَلات مَائِلات، رُؤُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ البُخْتِ المائِلة لا يَدْخُلْن الجَنَّة، ولا يَجِدْن ريحها، وإن ريحها ليُوجَد من مَسِيرة كذا وكذا»

"Ada dua macam penghuni neraka yang belum pernah terlihat olehku dewasa ini. Pertama, adalah orang-orang yang membawa cemeti seperti ekor sapi, yang digunakannya untuk memukul manusia.

Kedua, ialah wanita-wanita yang berpakaian (namun) seperti telanjang dan pandai merayu. Rambut mereka disasak seperti punuk unta miring. Mereka tidak bisa masuk surga. Bahkan, tidak akan bisa mencium bau surga. Sungguh bau surga itu bisa tercium dari jarak yang sangat jauh." (HR Muslim)

Hadits tersebut menggambarkan bahwa ada dua jenis penghuni neraka. Namun dua macam penghuni neraka ini belum ada di zaman Nabi Muhammad SAW, yang berarti belum pernah dilihat Nabi SAW.

Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah RA, dia mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda:

- يُوشِكُ إن طالت بك مُدَّةٌ أن تَرَى قومًا في أَيْدِيهِم مِثْلُ أذنابِ البقرِ ، يَغْدُونَ في غضبِ اللهِ ، ويَرُوحُونَ في سَخَطِ اللهِ

"Kelak jika umurmu panjang, engkau akan melihat suatu kaum memegang cemeti seperti ekor sapi di tangannya. Mereka berada dalam kemurkaan Allah sepanjang pagi dan sore." (HR Muslim)

Syarah hadits itu menyebutkan bahwa yang dimaksud cemeti atau ekor sapi adalah cambuk panjang berbulu dengan ukuran yang panjang dan tebal. Dengan cambuk itu, mereka memukul orang secara tidak adil tanpa hak.

Atau, dengan cambuk itu juga, mereka memukuli orang yang dituduh melakukan sesuatu sampai orang tersebut mengaku, meski padahal tidak melakukannya. Mereka dikenal sebagai algojo, atau orang-orang penegak hukum.

Mereka sepanjang pagi dan sore hanyalah membuat Allah murka. Sepanjang itu pula, mereka menyakiti dan menakuti orang. Menyerang atas nama kebohongan dan hanya berdasarkan hawa nafsu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement